utama

Sebelum Order Stiker Digital/Printing, pelajari dulu ya perbedaan bahan dan jenis cuttingnya agar sesuai dengan kebutuhan kalian, dengan cara klik tab biru dibawah ini, bagi yang sudah paham bisa langsung klik tabs ‘order HERE’.

 

1. STIKER CHROMO/KROMO

Yaitu stiker yang berbahan dasar kertas. Stiker ini cocok untuk label kemasan makanan. Biasanya para produsen usaha kecil mikro atau yang lebih besar menggunakan sticker ini untuk sekadar memberikan branding/ merek, disamping itu juga untuk sarana promosi yang sangat tepat guna.

Kelebihan stiker ini adalah dapat dicetak full color karena stiker ini cara pembuatannya hanya didesain dikomputer lalu diprint, harganya pun sangat murah dan terjangkau.

Namun stiker ini jika sudah tertempel pada kertas/ plastic susah sekali untuk mengelupas atau memindahkannya ke permukaan benda lain. Kalaupun bisa itu hasilnya pasti akan robek-robek karena stiker ini terbuat dari kertas. Itu yang menjadi kelemahan stiker ini. Tetapi itu dapat diatasi dengan cara menentukan posisi benda yang akan ditempel dengan stiker. Misalnya : harus sudah dipastikan stiker ini ukuran segini ditempel di tengah-tengah kemasan plastic. Selain itu stiker ini jika terkena air juga akan mudah rusak dan stiker ini juga tidak tahan gores.

Stiker ini paling cocok menempel di kertas. Biasanya dalam kesalahan percetakan, misalkan pembuatan undangan tetapi tanggalnya keliru, maka biasanya para juragan percetakan menggunakan stiker ini sebagai alternatif dalam pembetulan tanggal yang keliru tersebut.

2. STIKER VINYL

Yaitu stiker yang terbuat dari bahan plastic. Kekuatan stiker ini lebih baik dibandingkan dengan stiker cromo. Stiker ini sudah tahan air dan tahan gores. Harganya pun masih terjangkau dan tentunya bisa dicetak full color.

Stiker-stiker diatas biasanya digunakan untuk souvenir dalam acara/kegiatan promosi, seminar, try out, bazar, pelatihan, dll.

Itulah perbedaan stiker cromo dan stiker vinyl yang dapat anda gunakan untuk keperluan promosi anda. Semoga dengan pembahasan ini dapat membantu anda menentukan bahan stiker yang sesuai dengan kebutuhan anda.

3. STIKER TRANSPARANT

Adalah bahan cetak sticker dengan permukaan yang tembus pandang yang biasa digunakan di percetakan Digital Printing. Ciri khas sticker transparan adalah permukaannya yang tembus pandang dan berkilau jika di cetak.

Sticker Transparant ini digemari dan banyak sekali digunakan untuk kebutuhan display kaca untuk Toko yang pada umumnya berada di dalam Mall. di samping itu bahan ini juga sangat digemari untuk kebutuhan cetak lable (kemasan snack, kemasan botol dan lainnya).

4. STIKER MAGNET

Adalah sicker yang dikombinasikan dengan lembaran magnet, sehingga mampu menempel di media logam tanpa harus menggunakan lem. Jadi bukan lembaran magnet yang langsung diprint diatasnya, karena medan magnet yang ada bisa merusak head printer. Oleh karena itu kita memilih menempelkan sticker diatas media magnet.

Stiker magnet ini mampu menempel dengan baik di media logam seperti kulkas, mobil, dll.

APA SIH KEUNTUNGANNYA CETAK STIKER DIGITAL??

Keuntungan dalam mencetak Stiker Digital Printing adalah kalian dapat mencetak dengan kuantitas atau jumlah yang sedikit, sehingga untuk pengusaha yang baru berjalan, mencetak di Stiker Digital Printing adalah pilihan yang ekonomis.

1. STIKER DIE CUT

Sticker die cut

merupakan cutting sticker yang dimana saat pencetakan sticker, pola nya terpotong hingga backing paper nya. Jadi hanya gambar saja yang dipotong dengan bentuk pola tersebut. Sticker Die Cut terbuat dari bahan vinyl yang biasanya cocok digunakan untuk segala kegunaan. Sticker ini sangat multifungsi contoh saja bisa di tempel di dinding, mobil, motor, helm, meja, komputer, dll.

Cara mengaplikasikan Sticker Die Cut :

  1. Ambilah cutting sticker die cut yang telah di potong
  2. Lepaslah backing paper pada sticker die cut
  3. Tempelkan sticker die cut dimana lapisan kedua diletakkan diatasnya media (meja,kaca,dinding,dll)
  4. Saat di tempel atau diletakkan di atas media, masih ada lapisan pertama yaitu plastik. Gosoklah plastik tersebut menggunakan kartu atm atau sejenisnya dan gosok secara merata agar gambarnya bisa menempel sempurna
  5. Setelah lapisan pertama di gosok, maka ambilah plastik pada lapisan pertama dan gambar sudah berhasil menempel dengan sempurna 😀 

2. STIKER KISS CUT

Serupa tapi tak sama. Ya benar, kiss cut hampir sama dengan die cut. Saat mencetak sticker kiss cut, bentuk dasarnya berupa segi empat atau persegi panjang (Lembaran) dan ditengahnya terdapat gambar yang terbuat dari vinyl yang dipangkas atau di cutting, dimana proses cutting tersebut tidak sampai tembus ke backing paper nya. Kalau sticker die cut tidak menyisakan ruang dan hanya gambar saja, sedangkan sticker kiss cut masih menyisakan ruang. Namun hasil akhirnya tetap sama yaitu hanya ditempelkan pola yang telah di gambar.

Cara mengaplikasikan Sticker Kiss Cut :

  1. Ambilah sticker kiss cut yang telah di cetak atau di print
  2. Pisahkan sticker vinyl yang telah di cutting
  3. Tempelkan sticker kiss cut pada media yang digunakan tanpa memerlukan atm untuk menggosoknya 😀

produk

transparant

marketing-die-cut

magnet